Belajar Data Science, Mulai Dari Mana?

Dengan karir yang menjanjikan, profesi Data Science banyak diinginkan oleh para mahasiswa, lulusan baru, ataupun para professional dari beragam background, termasuk IT dan Bisnis. Namun, mengingat cakupan area Data Science yang luas, dan perkembangannya yang begitu cepat, para mahasiswa, dan professional yang meminati bidang ini seringkali bingung bagaimana memulainya.

Bagusnya, di era digital sekarang, banyaknya tren kursus online yang tersedia dan semakin meningkat memudahkan peserta untuk belajar. Pertanyaan terbesar yang sering kali dilontarkan adalah Bagaimana memilih kursus data science yang tepat? dan mulai belajar darimana?‘, karena metodologi dan pemilihan softwarenya juga berbeda-beda. Artikel ini akan membahas 3 hal penting yang wajib diperhatikan pada saat belajar data science untuk memulai karir menjadi seorang data scientist di Indonesia:

Adanya kurikulum dan konten belajar mencerminkan kebutuhan Industri

Pada akhirnya, seorang data scientist akan bekerja untuk perusahaan dengan mengolah, memodelkan, dan menemukan pola dari beragam sumber dan format data untuk menghasilkan prediksi yang tepat bagi perusahaan tersebut.

Dengan tujuan ini, penting untuk belajar data science menggunakan kasus bisnis & dataset yang disesuaikan kebutuhan Industri untuk memperkenalkan peserta pada konteks bisnis yang ada dan permasalahan yang sering terjadi. Pilihlah kursus data science yang dapat memberikan akses ke kurikulum, kasus bisnis variatif, dan dataset yang paling dekat dengan kebutuhan industri. Hal ini akan membantu peserta dalam memahami proses pengolahan data yang tepat dan berdampak bagi bisnis.

Metode Belajar praktis dan aplikatif

Untuk banyak hal, cara belajar paling efektif adalah dengan langsung praktek. Sama halnya dengan data science, dengan mengerjakan project data science sederhana, seperti ‘Mencari kombinasi produk yang tepat dari ratusan data transaksi’ atau ‘Mencari segmentasi/cluster customer yang tepat dari beragam jenis data customer’. Melalui proyek sederhana namun dekat dengan industri, dengan metode pembelajaran aplikatif, peserta dapat memahami beragam jenis algoritma, dan metode pengolahan data yang tepat untuk menghasilkan outcome yang diharapkan menggunakan tools (Python, R, SQL) yang tepat.

Dengan tujuan ini, penting bagi peserta untuk dapat memilih program belajar data science yang dapat memberikan akses untuk langsung menerapkan algoritma dan bahasa pemrograman sesuai dengan konteks bisnis.

Memberikan kesempatan peserta untuk membangun portfolio data science

Pada akhirnya, apabila peserta ingin menjadi seorang data scientist, tentu sebelumnya harus memiliki pengalaman dalam mengolah data. Pengalaman tersebut dibungkus ke dalam portfolio data science untuk menonjolkan kemampuan dan hasil analisa untuk menghasilkan insight yang berdampak bagi bisnis.

Apabila peserta belum memiliki pengalaman dalam mengolah data, penting untuk memilih kursus data science yang dapat memberikan pengalaman dalam mengerjakan beragam project yang disesuaikan dengan kasus bisnis. Alhasil, peserta akan memiliki portfolio yang dapat digunakan untuk melamar pekerjaan.

DQLab.id – kursus data science online membantu peserta belajar data science secara praktis & aplikatif berbasis project.

Semua keahlian yang dibutuhkan menjadi seorang Data Scientist bisa didapatkan dengan bergabung di program DQLab. Peserta akan belajar mengelola kompleksitas data menggunakan project, dan dataset yang mencerminkan kebutuhan industri.

Akses Group Data Science DQLab untuk melihat interaksi member!
Belajar data science efektif, aplikatif, dan praktis, ya di DQLab.id!