BANGUN KETERAMPILAN ILMU DATA SCIENCE SECARA ONLINE
Buat Akun DQLab, dan akses kelas R & Python GRATIS DAFTAR DISINI

Belajar Data Science : Intip Pengalaman Seru Member Bangun Portofolio Data Covid-19

Belajar Data Science di Rumah 06-Agustus-2020
https://www.dqlab.id/files/dqlab/cache/de80f0f504c8438c90f1a33bc79548f5_x_Thumbnail800.jpg

Kini, tren dunia digital telah bertransformasi menuju era revolusi industri data 4.0. Revolusi ini kemudian memberikan peluang bagi profesi Data Science untuk semaki berkembang dengan terjun berkarir di industri data. Dengan ketersediaan data dalam jumlah yang besar, tentu membutuhkan praktisi data untuk mengolah dan memberikan keputusan yang tepat bagi perusahan.

DQLab sebagai platform belajar online di bidang data, siap menjadi teman belajarmu guna meningkatkan kompetensi dalam berkarir di industri data. Membangun portofolio data menjadi salah satu kunci seorang Talent Data siap berkarir di Industri. Yuk, intip cerita seru member DQLab Salsabila Miftah Rezkia, seorang mahasiswa Teknik Industri lulusan Universitas Gajah Mada yang berhasil menganalisa dan membuat visualisasi data Covid-19!

1. Background Teknik Industri Tak Menghalangi Semangat Belajar Data

"Sebenarnya nilai plus bagi saya punya background dari teknik, nilai plusnya karena di jurusan saya walaupun bukan dari IT juga diajarkan sedikit tentang apa itu bahasa pemrograman, jadi ini membantu banget dalam memahami apa itu bahasa python ataupun R."

Dengan berbekal ilmu di bangku perkuliahan, Salsabila dapat menguasai beberapa bahasa pemrograman sehingga dapat melakukan proses pengolahan data seperti analisa data hingga visualisasi data. Matematika merupakan salah satu mata kuliah yang kini membawanya berani terjun ke dunia data.

"Apalagi di jurusan teknik pasti akan ketemu dengan matematika, ini akan jadi salah satu metode yang nantinya membantu dalam memberikan analisis terhadap suatu permasalahan, permasalahan di kehidupan nyata dimodelkan dalam bentuk persamaan." Ujar Salsabila.

Baca juga : Yuk Intip Cerita Seru Belajar Data Science Member DQLab yang Berhasil Bangun Portofolio Data bersama DQ Weekend

2. Skill Mengolah Data menjadi Kompetensi Utama Mahasiswa Teknik

Menurutnya kompetensi utama yang perlu dipersiapkan dalam proses pengolahan data ialah skill mengolah data. Hal ini menjadi basic skill yg harus dimiliki seorang dengan background teknik. 

"Dan dalam project ini, skill seorang teknik dalam mengidentifikasi dan menganalisa masalah secara terstruktur membantu banget dalam mensolving problem di project-project yg diberikan DQLab." Tutur Salsabila.

3. Hasilkan Portofolio Data Covid-19 Menggunakan Bahasa Pemrograman R

Tentunya dengan keterbatasan latar belakang non IT, Salsabila memiliki tantangan tersendiri. Menurutnya penggunaan tools dalam proses pengolahan data cukup menjadi pacuan Salsabila dalam menyelesaikan project ini. 

"Yang jadi tantangan dari segi toolsnya, karena aku baru ngerti R basic-basicnya aja, dan itu tantangan banget untuk project ini."

Salsabila mengaku insight menarik yang didapatkan dari proses analisa dan visualisasi data Covid-19 adalah dirinya dapat mengolah data yang memang sedang hangat diperbincangkan. Dengan menganalisa datanya, dirinya mampu melihat perkembangan Covid-19 di Indonesia.

"Paling menarik dari project ini, aku jadi bisa mengolah data dan menganalisa sendiri gimana perkembangan covid di indonesia khususnya di daerah masing-masing." Tutupnya.


Baca juga : Belajar Data Science : Pentingnya Bangun Portofolio untuk Hadapi Industri Data 4.0

4. Kamu Juga Ingin Bangun Portofolio Data? Bisa! Yuk, #MulaiBelajarData bersama DQLab

Nikmati pengalaman belajar data yang seru dan menyenangkan bersama DQLab. Bangun portofolio datamu sekarang bersama DQLab dengan mengakses dan menyelesaikan module serta project yang tersedia. Persiapkan dirimu secara tepat bersama DQLab untuk berkarir sebagai Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer yang kompeten. Tidak ada kata terlambat untuk belajar, Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi. 

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!