FLASH PROMO 90% + 50%! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 180K
Bebas Akses 65 Modul Data Interaktif, Mentoring, Portofolio Data, dan Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 0 Jam 32 Menit 26 Detik 

Aplikasi Machine Learning & Contohnya di Berbagai Bidang Industri

Belajar Data Science di Rumah 16-Agustus-2022
https://www.dqlab.id/files/dqlab/cache/8aa46a4e48a6da2e45ef02acfe7f49e8_x_Thumbnail800.jpg

Bagi sebagian orang awam mungkin Machine Learning merupakan istilah yang asing didengar. Namun bagi yang ada di bidang IT atau yang tertarik dengan data, Machine Learning cukup sering dibahas. Bahkan pembahasan mengenai Machine Learning ini dapat dengan mudah kita temukan seperti postingan di media sosial, artikel-artikel, webinar, workshop, dan lain sebagainya.


Di era modern, Machine Learning semakin banyak digunakan dan dikembangkan di berbagai dunia industri. Algoritma Machine Learning mulai berada di balik berbagai teknologi, baik untuk menyediakan analitik prediktif untuk bisnis sampai mendukung pengambilan keputusan pengembangan mobil tanpa pengemudi.


Machine Learning atau biasa dikenal dengan ML adalah jenis kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence yang bisa membantu software bekerja lebih akurat dalam memprediksi hasil tanpa diprogram secara eksplisit untuk melakukan suatu pekerjaan. Algoritma Machine Learning menggunakan data historis sebagai data input untuk memprediksi nilai output baru.


Pada artikel kali ini kita akan membahas berbagai penerapan Machine Learning di berbagai bidang yang akan terus berkembang dari waktu ke waktu. Jadi tunggu apa lagi? Yuk kita simak bersama!


1. Menggunakan Machine Learning di Bidang Media Sosial 

machine learning

Contoh paling simpel bisa kita temukan saat menggunakan media sosial. Saat membuka Facebook atau Instagram, kamu pasti akan menemukan kolom “People You May Know” yang menunjukkan daftar berisi orang-orang untuk di-follow. Bagaimana media sosial mengetahui orang-orang tersebut? Inilah hasil penerapan Machine Learning. Dengan Machine Learning, media sosial mempelajari orang-orang yang juga diikuti oleh teman-teman Anda dan menampilkannya sebagai “People You May Know”.


Begitu juga dengan konten yang muncul pada halaman depan YouTube atau Spotify milik kamu. Susunan konten tersebut ternyata dibuat berdasarkan konten-konten yang sudah pernah kamu nikmati sebelumnya atau yang frekuensi pemutarannya tinggi.


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Penerapan Machine Learning pada Sistem Rekomendasi Film

machine learning

Sistem rekomendasi yang diterapkan pada beberapa aplikasi streaming film juga merupakan contoh aplikasi Machine Learning. Siapa sih yang tidak tau Netflix? Aplikasi ini layanan streaming untuk menonton film dan acara TV tanpa iklan. Untuk menggunakannya kita perlu memiliki akun dan berlangganan layanan. Aplikasi Netflix memanfaatkan algoritma Machine Learning untuk memberikan rekomendasi film atau acara TV sesuai dengan preferensi pengguna.


Misalnya pengguna A lebih suka film bergenre komedi maka tampilan rekomendasinya akan berbeda dengan pengguna B yang lebih suka film bergenre horor. Algoritma untuk sistem rekomendasi ini juga digunakan di beberapa aplikasi lain yang familiar seperti Youtube dan Spotify. Cara kerjanya juga sama yaitu memberikan rekomendasi sesuai preferensi pengguna. 


3. Online Customer Support dengan Machine Learning

machine learning

Sejumlah situs web saat ini sudah menyediakan opsi untuk berkonsultasi dengan customer service. Dalam sebagian besar kasus, biasanya kita berbicara dengan chatbot. Bot ini cenderung mengekstrak informasi dari situs web dan menyajikannya kepada customer.


Chatbot akan mempelajari setiap pertanyaan yang ditanyakan oleh customer dan menampilkan jawaban template sesuai keyword. Algoritma Machine Learning akan membuat model yang bisa mengklasifikasikan pertanyaan dan memberikan jawaban sesuai keyword yang diolah oleh model.


4. Bidang Manufaktur juga Menerapkan Machine Learning

machine learning

Manufaktur merupakan salah satu industri yang berperan cukup penting dalam perekonomian negara ini. Penggunaan Machine Learning tentu akan membuat produktivitas industri ini akan semakin meningkat. Adapun contoh pemanfaatannya adalah:

  • Predictive Maintenance. Dengan menerapkan Machine Learning, kita bisa memprediksi kapan mesin akan berhenti beroperasi karena kerusakan. Selain itu, biaya yang dikeluarkan juga bisa dikurangi karena tidak perlu melakukan perbaikan yang belum dibutuhkan.

  • Manajemen Supply Chain. Dengan memanfaatkan Machine Learning, stok inventori bisa dipantau secara real time sehingga bisa mempermudah supplier dan tim internal dalam proses pembelian ataupun penjualan barang.

  • Mengatur penjadwalan secara otomatis dan fleksibel.

  • Visual Inspection.


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


Setelah kamu mengetahui apa itu Machine Learning dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, maka kamu akan sadar bahwa mesin pun terus belajar sama seperti manusia. Semua ini ada berkat perkembangan teknologi yang sangat pesat. Jika kita tidak bisa memanfaatkan setiap teknologi terbaru, maka dapat dipastikan kita akan tertinggal jauh. Terlebih lagi jika kamu memiliki usaha atau bisnis. 


Ingin mempelajari metode-metode dari algoritma Machine Learning? Terapkan ilmunya sekarang dengan bergabung bersama platform belajar online DQLab! Selain bisa meningkatkan ilmu data yang dimiliki, kamu juga bisa membangun portofolio datamu di DQLab.id guna mempersiapkan dirimu berkarir di industri data!


Penulis: Salsabila MR

Editor: Annisa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :