FLASH PROMO 90% + 50%! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 180K
Bebas Akses 65 Modul Data Interaktif, Mentoring, Portofolio Data, dan Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 0 Jam 41 Menit 48 Detik 

3 Alasan Pentingnya Belajar Data Science di Bidang Retail

Belajar Data Science di Rumah 25-Februari-2021
https://www.dqlab.id/files/dqlab/cache/3e5c6be6b2de94903d629a4666b81a1c_x_Thumbnail800.png

Selain karena meningkatnya bisnis digital terutama di masa pandemi seperti ini, tapi juga karena Kemunculan dan dorongan era big data membuat kebutuhan akan data scientist meningkat. Bagaimana data tidak semakin membengkak setiap tahunnya, dengan membuka sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter, Youtube itu sama saja kita turut berpartisipasi atas pembengkakan data tersebut. Itu bisa dijadikan salah satu alasan pentingnya belajar data science saat ini. Data-data yang banyak tersebut perlu diolah agar bisa memiliki nilai yang dapat berguna untuk segala bidang yang relevan dengan data itu. Untuk mengolah data tersebut tentu bukan perkara mudah dan bisa dianggap remeh, dibutuhkan skill khusus seperti, pemahaman konsep data mining, pemahaman statistika dan matematika yang kuat, serta kemampuan programming juga menjadi salah satu kriteria yang wajib dimiliki. Tak heran jika perusahaan rela mengeluarkan anggaran lebih untuk memberi salary tinggi kepada data scientist yang berkompeten dan memiliki kriteria tersebut.


Tapi, jangan khawatir bagi kamu pemula di bidang data science dan mungkin memiliki usaha atau bekerja di bidang retail. Kamu bisa mulai belajar data science dari sekarang. Karena artikel ini akan membahas 3 alasan pentingnya belajar data science di bidang retail. So, selamat membaca !

1. Mengenal Perilaku dan Keinginan Customer

"Pembeli adalah raja" sebutan itu sering kita dengar dan memang benar adanya. Jika, kita menginginkan customer loyal dengan produk kita caranya adalah kita harus bisa mengenal perilaku customer, dengan kita mengenal perilaku dan kebiasaan-kebiasaan customer tersebut maka akan terlihat sebenarnya apa sih yang customer inginkan dari produk kita. Nah, salah satu cara untuk mengetahui bagaimana perilaku customer adalah dengan melakukan analisis data transaksi pelanggan. Dengan begitu, akan terbentuk pola yang menggambarkan tentang segmentasi customer yang tepat.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Cross selling dan Up Selling

Dalam industri ritel, cross-selling dan upselling dilakukan oleh semua perusahaan untuk meningkatkan revenue dan juga profit. Cross selling adalah cara untuk merekomendasikan produk pelengkap kepada pelanggan untuk pembelian mereka. Sedangkan upselling adalah praktek memberikan pelanggan pilihan untuk membeli produk high-end yang lebih baik dari yang mereka pertimbangkan.


Menggunakan Ilmu Data secara retail dapat membantu meningkatkan keuntungan tanpa menjalankan pengujian A / B. Dengan ilmu data, kita dapat membuat penawaran yang dipersonalisasi ke berbagai segmen pelanggan dan mendapatkan lebih banyak keuntungan.

3. Inventory Management

Selain dari sisi customer, ilmu data science juga sangat diperlukan untuk pemilik industri retail. Yaitu, untuk manajemen persediaan barang dan stok, para retailer mencoba memprediksi berapa banyak produk atau layanan tertentu yang mungkin ingin dibeli pelanggan selama periode waktu tertentu. Peramalan permintaan ini membantu mereka untuk menyimpan barang untuk digunakan pada saat krisis. Tujuan utama bisnis ritel adalah menyediakan produk yang tepat kepada pelanggannya di waktu yang tepat, dalam kondisi yang tepat, di tempat yang tepat.


Pemilik bisnis retail menggunakan berbagai platform analisis data dan algoritma machine learning untuk mengidentifikasi dan mendeteksi pola dan korelasi di antara rantai pasokan. Ini membantu untuk menentukan stok optimal dan strategi inventaris. Pola yang teridentifikasi berkaitan dengan tren penjualan dan strategi yang dibuat untuk mengoptimalkan pengiriman barang dan mengelola stok.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar

4. Yuk, BELAJAR DATA SCIENCE GRATIS DI DQLAB SELAMA 1 BULAN!

                                       

Gunakan Kode Voucher "DQTRIAL", dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher "DQTRIAL" dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.

Penulis : Rian Tineges

Editor : Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :