FLASH PROMO 90% + 50%! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 180K
Bebas Akses 65 Modul Data Interaktif, Mentoring, Portofolio Data, dan Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 1 Jam 52 Menit 43 Detik 

1 Bulan Lulus Kuliah, Makarim Buktikan Berhasil Berkarir di Ranah Data

Belajar Data Science di Rumah 24-Agustus-2021
https://www.dqlab.id/files/dqlab/cache/85d3a355de5d62272be50002fb735c77_x_Thumbnail800.jpg

Achmad Makarim Widyanto, pemuda yang akrab disapa Makarim ini kini tengah berprofesi sebagai software engineer di perusahaan financial teknologi, SPE Solutions. Kesuksesan yang ia raih tidak lain adalah buah keberhasilan dari ketekunannya selama duduk di bangku perkuliahan. Berbekal ilmu komputer yang dimiliki, membuatnya cinta terhadap dunia data. Pria yang juga lulusan Universitas Pembangunan Nasional Veteran (UPNV) Yogyakarta ini mengaku sudah tertarik dengan dunia data semenjak ia berstatus mahasiswa. Namun baginya, ilmu komputer yang ia miliki belum cukup untuk bisa berkarir sebagai praktisi data. Oleh karenanya, ia memutuskan untuk belajar data science bersama DQLab.


"Dengan background pendidikan computer science, saya memiliki bekal terkait ilmu dasarnya. Bersama DQLab, saya sangat terbantu untuk melengkapi kompetensi data science secara mendalam," kata Makarim.


Berawal dari Instagram, Makarim mulai mencari tahu lebih tentang DQLab. Sampai pada akhirnya ia mengikuti salah satu program beasiswa kolaborasi DQLab dengan Kominfo yang bertajuk Digital Talent Scholarship (DTS). Menurutnya, pelatihan DTS sangat memberikan gambaran lebih terkait data science, baik prosesnya maupun tahapannya. Dari sekian banyak materi pembelajaran yang diberikan, Makarim mengatakan jika bahasa pemrograman R menjadi ilmu yang sangat terasa manfaatnya. Sebab, di Makarim belum pernah mendapatkan ilmu tersebut saat di masa kuliah. 


1. Pelatihan DTS DQLab menjadi Nilai Plus untuk Kompetensi Makarim

Mengikuti pelatihan pada program beasiswa DTS, Makarim mengaku banyak mendapat manfaat. Selain bisa mempelajaru R secara mendalam, ia juga berksempatan untuk membangun relasi dengan peserta lainnya dan juga para mentor. Tentu, relasi juga menjadi hal penting yang bisa berpengaruh terhadap karir seseorang. Dan yang terpenting, program DTS juga bisa menjadi forum diskusi yang sangat membantu pemula di dunia data.


"Dengan adanya forum diskusi, sangat memudahkan saya sebagai pemula yang ingin mendalami ilmu sata science," tuturnya.


Baca juga : Ikuti Program Beasiswa Bootcamp Data Science, GRATIS!


2. Tips Belajar Data Science versi Makarim

Menjadi pintar adalah hal yang penting, tapi berbagi ilmu juga jauh lebih penting. Bersama DQLab, Makarim ingin berbagi tips seputar belajar data science yang bisa kamu tiru di rumah nih, Sahabat Data! Pertama, menumbuhkan rasa ingin tahu alias kepo. Ketika kamu kepo, biasanya kamu akan mencari tahu segalanya. Begitupun dengan data, kamu juga akan terpancing untuk mengeksplor lebih jauh tentang data science. Kedua, kamu harus punya tujuan belajar. Sebab, agar kamu bisa mencapai target yang diinginkan. Selanjutnya yang tak kalah penting dan mujarab adalah dengan mengikuti kursus online seperti di DQLab. Kamu bisa memanfaatkan segala fasilitas yang ada untuk memperdalam ilmu.


"DQLab memiliki mentor, sehingga memberikan gambaran baru baik dari susi ilmu maupun profesinya," jelasnya.


3. Pesan Makarim untuk Sahabat Data DQLab

Baginya, apa yang telah ia lewati selama ini tentu ada proses yang tidak bisa disepelekan dan semua orang memiliki prosesnya masing-masing. Yang terpenting adalah mengetahui tujuan belajar data science. Sebab, hal inilah yang akan meminimalisir hambatan yang akan kamu temui. Dari beberapa profesi yang ada di ranah data, kamu perlu untuk mengenal dan memahami profesi apa yang kamu inginkan. Dengan begitu kamu bisa mempersiapkan ada yang dibutuhkan dan tidak salah langkah. Terakhir adalah haus akan ilmu. Jangan pernah puas untuk selalu belajar dan upgrade kemampuan diri. Semangat!


Baca juga : Visualisasi Data: Kunci Galuh Berhasil Beralih Karir ke Bidang Data Science


4. Ayo, Jadi Penerus Bangsa yang Intelektual dengan Belajar Data Science di DQLab!

Berprofesi sebagai praktisi data di era digital saat ini memberikan kemudahan bagi kamu untuk bisa berkarir. Hal ini lantaran hampir di seluruh lini bisnis perusahaan kini tengah memfokuskan diri pada pengolahan data. Data dianggap sebagai kekayaan yang bisa membawa perubahan baik untuk perusahaan. Oleh sebab itu, perusahaan membutuhkan tenaga ahli yang bisa memanfaatkan data sebaik mungkin, disertai dengan ragam tools yang ada.


Mempelajari data science secara kursus online di DQLab bisa jadi salah satu langkah yang kamu tempuh untuk bisa berkarir sebagai praktisi data. Di DQLab kamu bisa mempelajari sejumlah modul data science secara mandiri dengan bantuan fitur Live Code Editor. Kamu juga tidak perlu menghabiskan banyak waktu, sebab materi pembelajaran bisa kamu akses di rumah aja. Yuk, mulai saatnya belajar data science di DQLab!


Penulis : Sandi Sabar Rahman

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :